Connect With Us

Lor separat

Sam vocabular

Tequilas Flamejantes

Instructions

About Me

Foto Saya
Ihsan Dwi Nugraha
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Music is My Soul
Lihat profil lengkapku

softskill data perusahaan

PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA

Nama Anggota Kelompok :
-Annisa Tri Handayani      (50411977)
-Ardian Fikri                    (51411053)
-Citra Dewi Riska            (51411672)
-Ihsan Dwi Nugraha         (53411447)

-Rahmat Ardi Prasetyo     (58411226)


PENGEMBANGAN RENCANA BISNIS INFORMATIKA


Nama Perusahaan                  PT Metrodata Electronics Tbk
Berdirinya Perusahaan          : 17 Februari 1983 
Alamat                                    PT. Metrodata Electronics, Tbk.APL Tower 37th Floor Suite     3 Jl.    Letjen S. Parman Kav. 28 Jakarta 11470
Email                                      info.metrodata@metrodata.co.id

      PT. Metrodata Electronics, Tbk ("Perseroan") merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 sebagai salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah di bidang TIK sejak tahun 1975. Sejak didirikan, Perseroan sempat mengalami perubahan nama beberapa kali dan terakhir pada tanggal 28 Maret 1991 namanya diubah menjadi PT. Metrodata Electronics, Tbk sampai sekarang.

     Pada tanggal 14 Februari 1990, Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (IDX: MTDL) sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan modal kerja dan modal investasi dan juga dalam usaha untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat ikut ambil bagian dalam perkembangan Perseroan.

VISI DAN MISI

Ø  Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai bagi pemangku kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Ø  Budaya Perusahaan 
Bagi METRODATA budaya perusahaan bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya Perusahaan terutama sangat penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan unggul.
Efektif sejak 1 Januari 2013, METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar utama—Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship— beserta LIMA BELAS prinsip tindakan.
§  PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS
Integritas adalah konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
§  PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah sikap, perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi tantangan dan mensukseskan Perseroan.
§  PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship adalah semangat dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola hubungan yang harmonis antar pemangku kepentingan.

Bentuk-Bentuk Usaha
Bentuk-Bentuk Usaha pada PT Metrodata Electronics yaitu :
  • ·         Bisnis Distribusi (PT. Synnex Metrodata Indonesia)
  • ·         Bisnis Solusi (PT. Mitra Integrasi Informatika)
  • ·         Bisnis Konsultasi (PT. Soltius Indonesia)
  • ·         Bisnis Retail (PT. My Icon Technology)
  • ·         Bisnis Network (PT. Logicalis Metrodata Indonesia)
  • ·         Bisnis Layanan Telekomunikasi (PT. Xerindo Technology)


Prosedur dan Legalitas
        Prosedur dan Legalitas pada PT Metrodata Electronics Tbk (Perusahaan) didirikan di Indonesia, pada mulanya dengan nama PT Sarana Hitech Systems, berdasarkan Akta Notaris Kartini Muljadi, S.H. No. 142 tanggal 17 Februari 1983. Akta Pendirian ini telah disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia dalam Surat Keputusan No. C2-5165-HT.01.01.TH.83 tanggal 27 Juli 1983 serta diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 80, Tambahan No. 908 tanggal 7 Oktober 1983.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi yang dipakai dalam perusahaan ini meliputi :



Deskripsi dan Spesifikasi Tugas

ü  Dewan Komisaris
Dewan Komisaris adalah organ Perseroan yang bertugas melakukan fungsi pengawasan dan memberikan nasihat kepada Direksi dan bertanggungjawab secara kolektif kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Saat ini Dewan Komisaris Perseroan terdiri atas 3 (tiga) anggota.Mereka adalah Presiden Komisaris, Wakil Presiden Komisaris dan seorang Komisaris yang sekaligus merangkap sebagai Komisaris Independen, berikut ini adalah tugas dari Dewan Komisaris :

·         Melakukan pengawasan atas kebijakan Direksi dalam menjalankan Perseroan dan memberi              nasehat terhadap pelaksanaan tugas operasional Direksi
·         Melakukan tugas tertentu sesuai dengan mandate Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas          (UUPT) dan Anggaran Dasar Perseroan, dan/atau Rapat Umum Pemegang Saham
·         Mengkaji dan menandatangani laporan tahunan Perseroan
·         Menetapkan dan mengevaluasi Indikator Kinerja Utama dari Direksi Perseroan


ü  Dewan Direksi
Direksi merupakan organ Perseroan yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan, serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar. Anggota Direksi diangkat melalui Rapat Umum Pemegang Saham untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Saat ini Dewan Direksi Perseroan berjumlah 4 (empat) orang yang terdiri dari seorang Presiden Direktur dan 3 (tiga) orang Direktur, berikut adalah tugas dari Dewan Direksi :

·         Bertanggung jawab penuh dalam memimpin dan mengelola aset Perseroan
·         Memimpin Perseroan untuk mencapai tujuan dan secara terus menerus meningkatkan efisiensi           Perseroan
·         Menyiapkan rencana pengembangan Perseroan, rencana strategi jangka panjang, anggaran               tahunan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan usaha Perseroan
·         Menerapkan Tata Kelola Perusahaan
·         Menerapkan sistem pengawasan internal yang efektif


ü  Komite Audit
Komite Audit merupakan organ Dewan Komisaris yang bertugas untuk membantu tugas pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris Perseroan dalam meningkatkan penerapan Tata Kelola Perusahaan di Perseroan. Saat ini Komite Audit berjumlah 3 (tiga) orang yang diketuai oleh Komisaris Independen dan 2 (dua) orang anggota Komite Audit yang memiliki latar belakang pendidikan, kompetensi dan pengalaman di bidang audit yang memadai, berikut adalah tugas Komite Audit :


  •          Melakukan pertemuan dengan Auditor Internal setiap triwulan untuk menelaah dan mendiskusikan hasil kerja dan temuannya serta dampaknya terhadap aktivitas operasional Perseroan, di samping memberikan masukan atas hal-hal yang signifikan serta memastikan adanya sistem pengendalian internal yang memadai secara keseluruhan
  •          Melakukan pertemuan dengan Auditor Independen dan Manajemen Perseroan untuk membahas ruang lingkup, rencana audit dan pelaksanaannya di lapangan guna memastikan bahwa seluruh risiko Perseroan yang penting telah dipertimbangkan dalam proses audit
  •          Melakukan pertemuan dengan Auditor Independen untuk membahas independensi dan objektivitas   serta temuan dan hasil audit
  •         Melakukan pertemuan dengan Direktur Keuangan dan stafnya untuk membahas sistem pembukuan  dan pelaporan Perseroan dan entitas anak, serta membahas masalah-masalah akuntansi


ü  Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Direktur dan berperan dalam menjaga kelancaran hubungan antara Perseroan dengan regulator,pemegang saham dan masyarakat luas/pemangku kepentingan. Tugas dari Sekretaris Perusahaan meliputi :

  •          Mengikuti perkembangan Pasar Modal khususnya peraturan-peraturan yang berlaku di bidang Pasar Modal
  •          Memberikan pelayanan kepada investor atau publik atas setiap informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan kondisi Perseroan
  •         Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris dalam rangka memastikan kepatuhan pada ketentuan perundangan di bidang Pasar Modal
  •          Sebagai juru bicara antara Perseroan dengan Otoritas Jasa Keuangan – OJK (dahulu Bapepam-LK), Bursa Efek dan publik
  •        Bertanggung jawab dalam menyelenggarakan seluruh tindakan korporasi Perseroan termasuk tetapi tidak terbatas kepada Rapat Umum Pemegang Saham dan Paparan Publik
  •          Mengkoordinasikan dan menyiapkan notulen dari Rapat Direksi dan Rapat Dewan Komisaris


Aspek Pemasaran
Dalam sebuah perusahaan memiliki aspek pemasaran yang dilakukan, dalam PT Metrodata Electronics, selanjutnya dibawah ini merupakan pembahasan sekilas mengenai aspek pemasaran yang dilakukan PT Merodata Electronics.

Spesifikasi Produk/Jasa PT Metrodata Electronics Tbk ini merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan produk dan jasa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta produk dan jasa teknologi tinggi lainnya.

Segmentasi Produk/Jasa pada beberapa bentuk usaha PT Metrodata Electronics yaitu :

  •          PT Synnex Metrodata

Perusahaan ini melakukan penjualan dengan terus melakukan diversifikasi penjualan produk, meningkatkan jangkauan pasar dan mulai merambah penjualan produk smart phone dan feature phone. Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan tersebut, Perseroan secara konsisten melakukan efisiensi terkait distribution cost dan meningkatkan risk management terutama dalam memberikan batas kredit kepada pelanggan.

  •          PT Mitra Integrasi Informatika

Perusahaan ini fokus membangun aplikasi yang akan terhubung dengan aplikasi ERP seperti Salesforce Automation untuk perusahaan distribusi makanan dan minuman, farmasi, modern store, asuransi jiwa, asuransi motor, online order serta teknisi perusahaan jasa perbaikan.

  •          PT Mitra Integrasi Informatika

Perusahaan ini fokus membangun aplikasi yang akan terhubung dengan aplikasi ERP seperti Salesforce Automation untuk perusahaan distribusi makanan dan minuman, farmasi, modern store, asuransi jiwa, asuransi motor, online order serta teknisi perusahaan jasa perbaikan.

  •          PT My Icon Technology

          Perusahaan ini menyediakan produk-produk TIK secara ritel dan langsung kepada konsumen selaku             pengguna akhir. Dan menerapkan konsep Modern Retail dalam memasarkan produk-produk TIK                 melalui Unit Bisnis Modern Retail yang usianya relatif masih muda. Konsep modern ini berbeda                    dengan perusahaan ritel tradisional, di mana Perseroan beroperasi di empat channel sekaligus yaitu                modern convenience store, shop-in-shop, web store, dan corporate/commercial.

  •          PT. Logicalis Metrodata Indonesia

Perusahaan ini menawarkan jasa dan solusi jaringan.

  •          PT. Xerindo Technology

Perusahaan ini khusus menyediakan jasa perencanaan radio, instalasi, pengujian/commisioning, perawatan.

  • Aspek Pemasaran Menganalisa Situasi Pasar
Dalam aspek pemasaran ada juga yang namanya menganalisissituasi pasar, menganalisa situasi pasar dimaksudkan untuk melihat situasi yang terjadi sebelum produk/jasa diedarkan.Terjadinya berbagai gejolak nasional seperti kenaikan harga BBM sebesar 45% dan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat di kuartal 3 dan 4 sehingga Rupiah ditutup pada level Rp 12.189 pada akhir tahun 2013. Seiring dengan hal tersebut, suku bunga BI dan inflasi juga mengalami peningkatan. Namun di tengah kesulitan tersebut, Perseroan berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 7,3 triliun yang meningkat 41,6% dibandingkan tahun 2012 sebesar Rp 5,1 triliun. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dibandingkan dengan pertumbuhan pasar yang hanya berkisar 13%.

Perusahaan ini meyakini bahwa prospek jangka menengah dan panjang industri TIK di Indonesia akan mengalami gelombang yang cukup positif melalui tiga Era penting yang meliputi Cloud ComputingMobility Solution dan The Internet of Everything. Ketiganya baik terpisah maupun bersamaan akan dihadapi oleh industri TIK di Indonesia secara bertahap. Oleh karena itu diperlukan kesiapan Perseroan agar mampu mengadopsi ketiga hal tersebut. Di industri perbankan misalnya, TIK sudah menjadi sebuah kebutuhan karena akses perbankan saat ini telah menggunakan mobile application, seperti transfer uang, membayar TV berlangganan, membayar biaya pendidikan, dan melakukan pembayaran lainnya yang sudah dilakukan dengan menggunakan internet maupun mobile application. Cara orang berbelanja juga sudah mengalami perubahan, tidak lagi face to face namun melalui internet dan semua industri juga akan terkena dampaknya. Semua hal tersebut merupakan gelombang dari industri TIK di Indonesia untuk masa yang akan datang dan sekaligus menjadi prospek bisnis bagi Perseroan ini.

Kesiapan Perseoran dalam menghadapi gelombang industri TIK tersebut juga telah dilakukan dengan menyiapkan divisi yang menangani Mobility Solution dan Cloud Computing serta mempersiapkan aspek Sumber Daya Manusia-nya. Oleh karenanya Perseroan telah mempersiapkan diri menjadi Cloud Enabler dan Cloud Reseller dan menjadi agen bagi mitra bisnis yang berbasis Cloud.

  • Aspek Pemasaran Menganalisa Pesaing
Selain menganalisa situasi Pasar, diharuskan juga menganalisispesaing, yaitu perusahaan produk/jasa yang memiliki produk/jasa yang sama. Perseroan juga menghadapi tantangan dengan cukup banyak berdirinya perusahaan TIK yang baru (khususnya Konsultasi TI). Untuk itu, Perseroan senantiasa memperhatikan daya saing harga (price competitiveness) dalam menawarkan produknya kepada pelanggan dan meningkatkan kompetensi SDM dengan melakukan Consultant Training Program melalui jalur rekrutmen mahasiswa lulusan terbaik dari berbagai Universitas.

Pertumbuhan pasar solusi ERP di Indonesia yang diperkirakan tumbuh rata-rata 20% per tahun menjadi peluang dan tantangan bagi Perseroan ke depan. Oleh karena itu, strategi yang dilakukan Perseroan adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan prinsipal, kualitas project delivery serta kehandalan project monitoring termasuk menawarkan solusi-solusi yang merupakan bagian dari ekosistem SAP yang bersifat saling melengkapi. Perseroan juga terus melakukan pengembangan penjualan di beberapa hypermarket yang menjadi partner Perseroan, mematangkan serta melanjutkan konsep direct marketing ke perusahaan-perusahaan, memberikan service excellence dalam bentuk loyalty program dan meningkatkan pengelolaan website Perseroan untuk meningkatkan penjualan. Sinergi kekuatan offline-online inilah yang membedakan Perseroan dengan pemain perseroan TIK lainnya.

  • Aspek Pemasaran Strategi Promosi
Perseroan terus membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk memperkaya portofolio produk dan layanan Perseroan serta meningkatkan kapabilitas Perseroan dalam sektor yang dipandang strategis. Dalam rangka memberikan solusi layanan yang terpadu, Perseroan juga telah membangun Experience Center untuk memberikan demonstrasi produk kepada para pelanggan melalui produk-produk yang telah di prakonfigurasikan. Dengan demikian, para pelanggan akan mendapat informasi yang lengkap dan menyeluruh tentang suatu produk. Perseroan terus meningkatkan interaksi dengan konsumen. Selain mengembangkan E-Catalog dan tampilan yang user-friendly, Perseroan juga terus memberikan informasi terkini mengenai promo atau produk-produk terbaru secara rutin sehingga konsumen mendapatkan informasi yang lengkap.

  • Aspek Pemasaran Media Promosi berbasis TI
Perseroan berusaha untuk mengembangkan Modern Retail ke dalam E-Commerce dengan terus memperkuat pondasi divisi Web Store dengan mempertajam tampilan website dan proaktif dalam merespon permintaan pelanggan. Dan juga Perseroan telah mempersiapkan diri menjadi Cloud Enabler dan Cloud Reseller dan menjadi agen bagi mitra bisnis yang berbasis Cloud.


Aspek Keuangan

Dibawah ini merupakan Aspek Keuangan yang didapat pada PT Metrodata Electronics :

  • Komponen Biaya / Anggaran




  • Estimasi Biaya/Satuan Biaya


  • Anggaran/Investasi Perusahaan



  • Penyusunan Cashflow Perusahaan

  • Time Value Of Money dan Tingkat Suku Bunga

  • Pencatatan Keuangan Sederhana






Link Anggota Kelompok :




Sumber :

Kamis, 30 Oktober 2014

Perusahaan yang bergerak di bidang Bisnis Informatika

Warnet atau warung internet merupakan salah satu contoh perusahaan dalam bidang bisnis informatika, maka dari itu sekarang saya akan membahas salah satu biografi perusahaan warnet.

Profile Perusahaan

Nama Perusahaan :  CYBER NET
Tahun Berdiri : 18 Februari 2008
Jumlah Karyawan : 2 Karyawan
Alamat Perusahaan : Jl. Raya Bekasi

Riwayat Perusahaan

Warnet CYBER NET merupakan perusahaan dibidang bisnis informatika yang berdiri tanggal 18 Februari 2008, memmiliki 2 karyawan. Warnet CYBER NET terletak di Jl. Raya Bekasi.

Jenis Usaha yang Dikelola

Warnet CYBET NET merupakan peruhasaan dalam jasa pengetikan, browsing, gaming, printing, Fotocopy/Jilid, Scanning, Burning CD/DVD. CYBER NET juga menjual Minuman dan Snack ringan untuk para pengunjung.

Aspek Perusahaan

·         Lokasi Perusahaan

Lokasi CYBER NET ada dipinggir jalan, karena daerah disini merupakan pemukiman yang ramai, CYBER NET merupakan warnet yang ramai terutama oleh anak-anak untuk bermain game. Selain itu juga ada yang browsing ataupun printing, biasanya CYBER NET selalu ramai pengunjung.

·         Fasilitas Perusahaan


1. Tempat ber-AC
2. Speaker dan Headseat
3. Monitor LCD Samsung
5. Minuman Dingin dan Snack

·         Jam Operasional

Buka 24 jam sehari. Pada hari besar seperti tanggal merah Nasional dan hari-hari besar CYBER NET diliburkan.

Omset Perusahaan

Dari hasil wawancara pada karyawan CYBER NET mengenai pendapatan perusahaan kurang lebihnya CYBER NET bisa menghasilkan Rp. 5.000.000 perbulannya. Tetapi jika dalam sebulan CYBER NET ramai pengunjungnya.

BISNIS INFORMATIKA


Sebenarnya dari Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Bisnis Informatika memiliki pengertian yang hampir mirip dan memiliki keterhubungan bisnis yang serupa. Bisa diartikan Teknologi Informasi merupakan subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna. Teknologi Informasi yang didukung teknologi komunikasi memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat keseluruh penjuru dunia. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. 

Sedangkan Informatika berkaitan erat juga dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi yang merupakan suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Bisa disimpulkan Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Contohnya E-Commerce,  Jasa Warnet,  penyedia Jasa Berita dan infotainment online.

Beberapa jenis bisnis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi :

1. E-commerce


E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Contoh Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

2. Software House

Sebuah software house adalah sebuah perusahaan yang utama produk perangkat lunak. Pengorganisasian software house adalah jenis yang sangat khusus keterampilan manajemen, di mana orang-orang yang berpengalaman dapat mengubah masalah organisasi menjadi manfaat yang unik. Misalnya, memiliki sub-tim tersebar di berbagai zona waktu memungkinkan hari 24 jam kerja perusahaan, jika tim, sistem dan prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik adalah tim uji dalam zona waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim pengembangan, yang memperbaiki bug perangkat lunak ditemukan oleh penguji.

Sebuah software house perangkat lunak profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
1. Bisnis analis yang mendefinisikan kebutuhan bisnis dari pasar
2. Software Designer/ Programmer yang menciptakan spesifikasi teknis dan menulis perangkat lunak
3. Software penguji yang bertanggung jawab atas seluruh proses manajemen mutu

3. Consultant

Konsultasi teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi, konsultasi Komputer, konsultasi Computing, bisnis teknologi konsultasi dan layanan teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada bisnis menasihati tentang cara terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan, dan mengelola sistem TI atas nama ‘bisnis ‘, yang dikenal sebagai outsourcing .

Ada berbagai alasan mengapa konsultan dipanggil:
1. Untuk mendapatkan eksternal, saran yang lebih obyektif dan rekomendasi
2. Untuk mendapatkan akses ke keahlian khusus para konsultan ‘
3. Hanya sebagai bantuan sementara selama proyek satu kali, di mana mempekerjakan
karyawan tetap tidak diperlukan
4. Untuk outsourcing semua atau bagian dari layanan TI

Empat prinsip dasar IT konsultasi adalah:
1. Fokus pada Hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan
semua stakeholder lainnya
2. Jelas Ditetapkan Peran: peran dan tanggung jawab Ditetapkan untuk kedua klien,
stakeholder lainnya dan tim konsultasi
3. Visualisasikan Sukses: Membantu klien melihat akhir di awal
4. Anda Advise, Mereka Putuskan: Klien adalah orang terbaik untuk memutuskan

Sebuah Konsultan IT perlu memiliki keterampilan sebagai berikut:
1. Penasehat keterampilan
2. Keterampilan teknis
3. Bisnis keterampilan
4. Keterampilan Komunikasi
5. Keterampilan manajemen
6. Penasehat Bahasa Keterampilan
7. Bisnis dan Manajemen Bahasa keterampilan
8. Teknis Bahasa keterampilan (Sebagai contoh CMOS, Complementary Metal Oxide Semi-
konduktor).

Perkembangan bisnis informatika di indonesia dan di dunia

Perkembangan bisnis informatika di indonesia maupun di dunia kian hari makin meningkat, dikarenakan kebutuhan dari manusia sendiri yang membuat perkembangan bisnis terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat. Bisa dilihat dari perkembangan informatika dalam dunia bisnis, teknologi informasi sudah banyak digunakan oleh perusahaan baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan pembisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Perkembangan informatika dalam bidang pendidikan sekarang sudah banyak pembelajaran yang lebih baik dengan menggunakan audio/ video/ data dan juga internet. Internet merupakan sarana pembelajaran yang paling sering digunakan, karena kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi ebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan hadirnya e-learning setiap siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan guru atau dengan siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Perkembangan informatika dalam dunia kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Perkembangan informatika dalam dunia pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan pemanfaatan teknologi informasi dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. teknologi informasi juga dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah.









Sumber :



1 komentar:

  1. JUAL DATABASE 2015 TER-UPDATE
    JUAL DATABASE PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA TAHUN 2015!

    Cara & Strategy Jitu Promosi Usaha Anda : MILIKI DATABASE PERIODE 2015 KHUSUS PENGUSAHA MULTI NASIONAL INDONESIA & NASABAH PRIORITAS PERBANKAN UNTUK SALES & MARKETING ANDA !

    ADA BANYAK PILIHAN PAKET DATABASE
    SESUAI ISI BUDGET MARKETING PERUSAHAAN ANDA

    DATA KOMPLIT ( PAKET 1 ) Versi 2015
    HANYA Rp 188.000,- NETT
    Database yang akan didapatkan kepada Anda adalah Data Berupa Perusahaan Corporate , BUMN , SWASTA , PMA , PMDN , CV , PT , PO ,FIRMA

    DATA KOMPLIT ( PAKET 2 ) Versi 2015
    HANYA Rp 388.000,- NETT
    Database ini lengkap dengan nama pemilik, no hp pribadi, no telepon rumah, alamat, dll. Sangat cocok bagi anda yang bergerak di bidang usaha apa pun. Baik anda sebagai owner, investor, tenaga pemasar, analis, konsultan, dll.
    Anda dapat memasarkan produk bisnis anda menggunakan database yang berharga ini.
    Dengan jumlah ratusan ribu data orang berduit ini anda “tidak akan pernah” kehabisan bahan untuk mengirimkan penawaran bisnis dan memasarkan produk atau usaha anda.

    Sebagai asumsi, Jika minimal dalam satu hari anda mengirimkan penawaran bisnis atau melakukan follow up bisnis ke minimal 50 orang saja, simulasinya seperti ini:
    Database ini berjumlah lebih dari ± 300.000 data.
    ± 300.000 / 50 = 6.000
    BONUS ISTIMEWA JIKA ANDA BELI PAKET BORONG 2015 ( YAITU PAKET 1 & PAKET 2 )
    HANYA Rp 500.000,- NETT
    FREE DVD ROOM ONGKOS KIRIM
    Anda juga dapat membeli produk kami secara satuan sesuai kebutuhan anda

    SALAM SUKSES & ADMIN SOLUSI BISNIS
    ROBI

    TRUST OF MARKETING
    ONLINE DATABASE TRENDSETTER
    ADMIN 1 : (62) (0) 819 1653 9805 ( WHATSAPP )
    ADMIN 2 : (62) (0) 896 9040 7771
    Email :
    databasemanagementindonesia@gmail.com
    ahli.database02@gmail.com
    WEBSITE OFFICIAL :


    http://databasekonsumenprospektifindonesia.blogspot.com/
    http://databasebankindonesia.blogspot.com/
    http://birojualbeli.blogspot.com/2015/05/periode-2015-database-pengusaha-multi.html
    http://jualdatabaseterupdate.blogspot.com/





    BalasHapus